Barang Sehari-hari yang Sebaiknya Diwaspadai

Waspadalah, tidak semua barang yang dipakai tiap hari itu aman dari sisi kesehatan. Sebagian mereka ternyata menimbulkan risiko kesehatan yang tidak bisa dipandang remeh. Bahkan, mungkin tanpa disadari, berbagai barang itu cukup lekat Anda pakai untuk urusan makan yang berakibat terjadi kontaminasi makanan dengan zat berbahaya.

  • Kotak makan styrofoam. Zat yang berbahaya pada benda ini adalah polisterin. Polisterin ini menyebabkan munculnya styrene yang akan mengontaminasi makanan yang bersentuhan langsung dengan kotak. Kalau makanan yang terpapar styrene itu masuk tubuh, maka berisiko memunculkan kanker. Kotak makan ini biasa dipakai restoran cepat saji dan penjual makanan kotak lainnya untuk mempermudah pengemasan.
  • Wajan bebas lengket. Memasak dengan wajan ini cukup meringankan pekerjaan karena masakan tidak sampai lengket kalau diangkat. Hanya saja, kalau suhu wajan terlalu panas, benda ini menghasilkan TFE (tetrafluoroethylene) dalam bentuk asap yang bisa mencemari makanan. Saat memakai wajan ini, jangan biarkan dalam keadaan kosong tanpa air atau minyak untuk mencegah tingginya suhu. TFE bersifat karsinogen penyebab kanker.
  • Alat masak alumunium usang. Kandungan alumunium bisa lepas seiring bertambahnya usia. Beberapa bahan makanan bahan dengan mudah menyerap zat alumunium. Seperti sayuran berasam tinggi, tomat, dan sebagainya. Oleh karena itu, segera ganti perkakas dapur alumunium yang usang dan pakailah alat dapur yang rendah kandungan alumuniumnya. Zat ini berkaitan erat dengan timbulnya penyakit alzheimer saat terkontaminasi dalam tubuh.
  • Botol air kemasan. Botol ini sebaiknya dipakai hanya sekali. Hindari mengisi ulang botol setelah habis isinya saat pertama kali beli. Kontaminasi kuman sangat mudah terjadi. Pertama membeli, air dan botol telah mengalami sterilisasi untuk menjaga kemurnia air di dalamnya. Namun, tidak untuk penggunaan botol selanjutnya. Pakailah botol air minum food grade sebagai pengganti botol ini.

http://sidomi.com/49024/barang-sehari-hari-yang-sebaiknya-diwaspadai/

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: