Ingin Tetap Langsing Usai Menikah, Berpikirlah Seperti Masih Lajang

Banyak wanita yang semakin melar tubuhnya ketika sudah berkeluarga. Jarang olahraga, sibuk mengurus anak sampai stres rumah tangga jadi penyebabnya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa tetap langsing hanya dengan berpikir seperti seorang lajang.

Para peneliti di University of North Carolina melakukan riset terhadap 1.300 pasangan suami istri dan menemukan bahwa wanita yang sudah menikah berisiko menjadi gemuk dua hingga tiga kali lebih besar dibanding pasangan prianya.

Dalam Journal Obesity, disebutkan beberapa alasan mengapa hal itu terjadi, diantaranya wanita yang sudah menikah umumnya tidak peduli lagi soal daya tarik pasangan prianya, sehingga merasa tidak perlu repot-repot lagi mengurus badannya.

Peneliti juga menyebutkan bahwa wanita yang sudah berkeluarga mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih besar dan frekuensi yang lebih banyak daripada suaminya.

Kebanyakan pasangan suami istri kurang beraktivitas fisik ketimbang dulu sewaktu masih lajang. Mereka lebih senang menghabiskan waktu di rumah, menonton TV, mengurus anak dan mengerjakan pekerjaannya masing-masing.

Jika pasangan Anda adalah tipe orang yang hobi makan, bisa-bisa Anda juga terbawa. Untuk menjaga tubuh agar tetap langsing seperti saat lajang dulu, coba ikuti beberapa tips berikut, seperti dikutip dari Health, Jumat (14/8/2009).

1. Anggap masih lajang
Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda masih lajang, dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menarik perhatian pria, salah satunya dengan menjaga tubuh agar tetap terlihat ideal.

Wanita yang masih lajang umumnya sangat memperhatikan penampilan tubuh, terutama masalah berat badan. Pastikan celana jeans yang Anda gunakan sewaktu masih gadis dulu muat di tubuh Anda saat ini.

2. Penuhi selera sendiri dulu
Kebanyakan wanita yang sudah berumah tangga hanya memasak apa yang disukai pasangannya, dan kebanyakan dari mereka memanjakan suami dengan membuat masakan yang gurih dan lezat, yang penuh dengan kolesterol dan lemak.

Alhasil, wanita yang jarang mengonsumsi makanan seperti itu lama kelamaan akan terbawa. Memanjakan suami boleh-boleh saja, tapi sebaiknya penuhi dulu selera diri sendiri dan ada baiknya kenalkan makanan-makanan yang sehat pada suami.

3. Terapkan peraturan sehat di rumah
Menerapkan peraturan yang sehat di rumah akan menghindarkan wanita dari stres, yang dapat memicunya mengonsumsi makanan berlebih.

Pastikan stok buah dan sayur ada di kulkas, batasi waktu menonton TV dan buatlah jadwal aktivitas dan olahraga dengan pasangan. Anda pun bisa menjadwalkan olahraga bersama anak-anak.

4. Carilah bantuan
Jika Anda merasa kurang bahagia dan mempunyai masalah dengan rekan kerja, sahabat dan situasi-situasi lainnya, jangan terlalu sering lari pada coklat atau es krim untuk menenangkan perasaan Anda, karena hal itu justru membuat tubuh Anda tanpa disadari melebar ke samping.

Carilah seseorang yang bisa membuat Anda tenang. Jika suami tidak bisa, carilah sahabat Anda yang lainnya atau datangilah pakar-pakar psikologi dan berkonsultasilah dengan mereka.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: