Kenali dan Cegah Diabetes


Diabetes bisa disebabkan berbagai faktor risiko. Pola makan tak seimbang ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik merupakan dua hal yang paling banyak berperan.

Jika Anda sudah terkena diabetes, maka Anda tidak akan dapat benar-benar sembuh. Anda harus menghadapi penyakit itu seumur hidup. Meskipun dengan pola hidup dan perencanaan yang tepat, diabetes daat dikontrol dengan mudah.

Diabetes juga dapat mengakibatkan berbagai penyakit lain seperti gagal ginjal, penyakit kardiovaskular, kebutaan hingga kematian. Tidak seperti diabetes tipe 1 yang sangat tergantung dengan insulin, kasus diabetes tipe 2 sebenarnya dapat dicegah. Faktor risiko utama yaitu pertambahan usia, kurangnya aktivitas tubuh, pola makan tak sehat dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Meskipun Anda memiliki kemungkinan diabetes tipe 2 secara genetik, jika Anda tetap menjaga kesehatan dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang cukup, kemungkinan dapat mencegah terjangkit penyakit tersebut.

Untuk pola makan, ikuti aturan dari piramida makanan. Jangan anggap hal itu hanya sebagai pelajaran anak sekolah. Usahakan tubuh tetap beraktivitas setiap hari. Meskipun tidak berarti Anda harus berolahraga keras, berjalan di sekitar perumahan sekitar 20-30 menit per hari sangat membantu.

Turunkan berat badan Anda yang berlebihan. Hal itu memang sulit dilakukan. Namun, jika Anda menjaga pola makan sehat serta beraktivitas fisik setiap hari, tak mustahil berat badan Anda akan menjadi ideal.

Jika Anda tetap merasakan gejala-gejala diabetes, segera temui dokter ahli. Diabetes dapat dengan mudah diketahui hanya dengan tes glukosa dalam darah.

Ada beberapa tanda dan gejala dari diabetes yang perlu diwaspadai antara lain:

Rasa haus yang berlebihan
Sangat sering buang air kecil
Berat badan yang turun tanpa diduga
Pandangan tidak jelas
Rasa kesemutan di kaki dan tangan
Pusing
Timbul rasa tak nyaman di kulit dan gusi
Infeksi kandung kemih dan kelamin yang semakin sering

Berbagai gejala diatas memang dapat disebabkan berbagai hal atau berbagai penyakit lain. Namun jika Anda mengalami satu atau beberapa gejala diatas, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Diabetes dapat dengan mudah diketahui hanya dengan tes glukosa dalam darah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: