Kesempatan Jadi Bos bagi Wanita Lajang

Masa lajang adalah saat yang tepat menggenjot semangat untuk meraih impian karier yang diinginkan. Ada banyak keuntungan mengapa masa lajang adalah kesempatan emas Anda.

1. Lebih Fokus
Anda dapat lebih fokus mengerjakan pekerjaan, pikiran tidak bercabang ke mana-mana. Tidak harus memikirkan suami dan anak di rumah serta persoalan rumah tangga lainnya. Hal-hal seperti ini sering kali menjadi kendala bagi yang telah berkeluarga.

2. Lembur Suka-Suka
Coba bayangkan jika Anda telah berstatus istri, Anda pastinya tidak akan enak hati pada orang rumah kalau sering lembur. Beda dengan sekarang, mau kerja dari pagi hingga pagi lagi juga tidak masalah.

3. Bebas Jadi Kutu Loncat
Saat memutuskan pindah kerja, banyak hal yang mesti dipertimbangkan, karena Anda punya keluarga. Sering kali mereka yang telah menikah memilih end up di suatu perusahaan, daripada harus mencoba tempat baru yang belum jelas masa depannya. Sementara Anda, punya nyali lebih besar untuk mencoba karier baru, bisa jadi kutu loncat demi karier yang lebih baik.

4. Cepat Ambil Keputusan
Ketika ditawari kesempatan emas dan tak punya waktu banyak untuk berpikir, Anda dapat dengan cepat menyabetnya saat itu juga. Tanpa perlu pulang ke rumah atau menelepon pasangan terlebih dulu untuk meminta pendapatnya.

5. Leluasa Bikin Rencana Karier
Anda juga bisa membuat rencana karier yang lebih fokus, target satu dan tiga tahun ke depan, dan seterusnya. Kalau sudah menikah, rencana karier Anda mungkin harus disesuaikan dengan pasangan. Dan kesibukan urusan rumah tangga membuat Anda kurang punya waktu memikirkan semuanya secara detail.

6. Bisa Bawa Kerjaan ke Rumah
Saat pekerjaan tak selesai, Anda masih bisa memboyong berkas-berkas dan menyelesaikannya lagi di rumah. Meski bekerja di rumah, Anda tetap bisa berkonsentrasi, karena tak diganggu pasangan atau kewajiban-kewajiban Anda sebagai istri.

7. Bisa Ditempatkan di Mana Saja
Saat ditawarkan kesempatan kerja ke luar daerah untuk waktu yang lama, Anda tak perlu memusingkan izin pasangan. Kalau Anda sudah punya “buntut”, Anda juga mesti memikirkan sekolah dan adaptasi mereka, dan sebagainya.

8. Siap Dinas Luar Setiap Saat
Ketika perusahaan butuh seseorang yang bisa ditugaskan dinas ke luar kota hari itu juga, Anda pasti yang jadi pilihan pertama. Pasalnya, Anda tidak perlu izin pasangan atau mempertimbangkan tugas dan tanggung jawab sebagai istri di rumah.

9. Dapat Sekolah Setinggi-Tingginya
Anda mungkin punya keinginan meneruskan sekolah setinggi-tingginya, tapi rencana itu sering buyar karena kesibukan Anda di rumah. Sebaliknya, saat masih lajang, kesempatan itu terbuka lebar. Anda punya banyak waktu untuk bersekolah lagi.

10. Selalu Jadi Pilihan Pertama
Perempuan karier yang masih lajang, punya banyak kesempatan berkembang, karena biasanya jadi pilihan utama ketika ada peluang. Ketika ada promosi jabatan, status karyawan kadang jadi bahan pertimbangan. Apalagi jika posisi yang ditawarkan menuntut konsentrasi tinggi.

11. Bisa Berkorban demi Pekerjaan
Hidup para lajang biasanya dekat dengan pekerjaan. Anda tak keberatan bila kehidupan pribadi dikorbankan demi pekerjaan. Anda dapat mengerahkan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan proyek dan membuat atasan terkesan.

12. Aktif di Kantor
Mereka yang masih lajang mempunyai kesempatan untuk membangun networking seluas-luasnya. Salah satunya dengan aktif di kegiatan kantor. Coba kalau Anda sudah berkeluarga, Anda pasti sudah tidak punya waktu mengurusi hal-hal seperti itu.

13. Tidak Sering Mangkir
Anda tak sering ambil cuti, mangkir atau terlambat ke kantor karena urusan keluarga, suami sakit, tak ada pembantu atau harus mengantar anak ke sekolah. Jangan anggap kerajinan Anda ini sia-sia, lho. Di mata atasan, kerajinan Anda masuk kantor, juga jadi penilaian positif untuk memuluskan karier.

14. Dapat Ambil Lebih dari Satu Tanggung Jawab
Karena waktu yang lebih lapang dari mereka yang berkeluarga, Anda dapat mengambil lebih banyak tanggung jawab pekerjaan. Apa yang Anda lakukan ini dinilai oleh atasan dan dijadikan bahan pertimbangan yang dapat mendongkrak karier.

Sumber : Kompas.co.id

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: