Berperilaku Positif Untuk Anak

Membesarkan anak merupakan tantangan tersendiri. Selain melelahkan secara fisik, hal ini membuat mental dan emosi kita naik turun saat menghadapi mereka setiap hari. Berperilaku positif tentu jadi keharusan Anda agar mereka tumbuh dengan baik.
Simak kiat-kiat berikut untuk mendapatkan perilaku positif.

1. Pagi hari saat keluar dari kamar, ” perintahkan ” otak untuk bersikap positif. Lakukan sikap ini semaksimal mungkin setiap hari. Kalaupun ternyata terjadi masalah, jangan buru-buru mencap Anda gagal. Salah satu kunci menjadi ibu yang bersikap positif adalah terus mencoba dan percaya bahwa Anda mampu melakukannya.

2. Lihat sisi positif anak Anda dan beri ia dukungan. Jika Anda merasa tidak senang pada hal atau kesalahan yang dilakukannya, betulkan sikapnya secara lembut dan jangan mengungkit-ungkit hal itu lagi.

3. Bantu anak Anda menemukan potensinya. Tularkan rasa percaya diri Anda dan bantu dia mencapai keinginan.

4. Bersikap santai dan sering tersenyum. Selain membuat diri sendiri lebih baik dalam menjalani aktivitas, senyum ini akan membuat anak merasa nyaman di dekat Anda.

5. Bersikap sabar dan baik terhadap anak Anda.

6. Jadi teladan bagi anak dalam hal optimis dan bersikap positif. Percayalah, perilaku yang ditunjukkan orangtua gampang ditiru anak.

7. Cobalah untuk tidak mengomel dan mengeluh, khususnya di depan anak. Makin sering Anda melakukan dua hal itu, makin sering atmosfer negatif yang tercipta di sekitar Anda.

8. Tempelkan pesan-pesan buatan sendiri di beberapa ruang di rumah, yang isinya akan membuat Anda selalu ingat untuk bersikap positif. Selain itu, hias rumah dengan gambar dan dekorasi berwarna cerah. Buat rumah senyaman mungkin untuk seluruh anggota keluarga.

9. Lakukan setidaknya satu hal yang menyenangkan bersama anak Anda, setiap hari.

10. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tinggalkan anak bersama pengasuh dan pergilah bersama teman ke salon atau jalan-jalan ke mal. Ketika Anda bahagia, makin besar kesempatan untuk bersikap positif.

11. Belajar untuk memaafkan dan melupakan kesalahan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: